Arti Kata Dibalik Istilah “Early Bird”

Mungkin istilah early bird sudah tidak asing lagi buat kalian bukan?

Biasanya sering dipakai untuk pre-order pembelian tiket konser/ atau inden gadget terbaru bahkan saat si gadget itu sendiri pun belum diluncurkan di market. Dia yang transaksi “early bird” akan mendapatkan keuntungan lebih banyak dibandingkan dengan yang transaksi dengan metode pada umumnya.

Contohnya sering dialami di realita anak-anak kekinian yang rebutan tiket konser artis-artis papan atas dari luar negeri, you name it Maroon 5? Coldplay? Justin Bieber? Katy Perry? Ed Sheeran? sangking banyak peminatnya, pastinya akan rebutan, dan kalau tidak “early bird” bisa dapat tiket dengan harga mahal atau malah tidak bisa nonton sama sekali karena kehabisan tiket karena rebutan.

Istilah ini berasal dari IDIOMS (perumpamaan) berbahasa inggris

“Early bird cacthes the worm”

(Burung yang bangun dan terbang lebih pagi akan mendapatkan cacing lebih banyak)

Early Bird Definition

Well, menurut saya idioms ini ada benarnya juga. Burung yang bangun dan terbang lebih awal untuk mencari cacing tidak akan berkompetisi dengan burung-burung yang lain untuk mencari makanan. Dia hanya perlu berkompetisi terhadap dirinya sendiri untuk melakukannya, contohnya bangun lebih pagi. Si Burung “early bird” ini punya banyak keuntungan, antara lain :

  1. Jumlah cacing yang lebih banyak

Secara kita belum rebutan dengan burung-burung kelaparan yang lain?                               Tentunya jumlahnya akan lebih banyak bukan? dan mendapatkan jumlah cacing               seperti yang diinginkan.

     2. Pilihan cacing yang lebih berkualitas 

Si Burung Early Bird ini bisa punya banyak pilihan, dia bisa mendapatkan cacing             dengan kualitas terbaik, bisa mendapatkan cacing yang paling besar dan paling                 panjang seperti yang diinginkannya. Bayangkan kalau kita sebagai Si Burung Pada          Umumnya, saat terbang dan mencari makan, mungkin kita hanya bisa mendapatkan         “apa saja yang ada” bahkan bisa saja masih merasa lapar karena tidak dapat cacing        sama sekali . Krucukan deh seharian 😀

     3. Atau bahkan bisa berbagi cacing dengan kawanan burung yang terdekat

Si Burung Early bird bisa jadi sosok yang sangat membanggakan dan berguna buat          burung-burung yang dia pedulikan (aka keluarga/ teman/ kerabat/ atau yang lebih            membutuhkan). Karena dia bisa membagikan kelebihan cacing yang didapat                      untuk burung yang menunggu di rumah.

earlybird_logo

Analogi burung early bird cocok dengan kehidupan sehari-hari manusia, dia yang bertindak lebih dulu dari orang pada umumnya akan mendapatkan keuntungan yang lebh besar. Contohnya sudah banyak bukan?

  • Pergi sekolah/ kerja lebih pagi? Ga kena macet, ga keburu bete pas sampe kantor dan masih bisa fokus karena belum ada banyak distractions, dan mungkin bisa kasih performa yang lebih baik.
  • Beli tiket konser early bird? belum tentu dapat harga murah, tp at least “dapat tiket”
  • Beli gadget terbaru early bird? Bisa dapat bonus lebih dan gak antri, can you imagine sudah beli mahal-mahal dan harus tetap antri?  😀
  • Untuk dunia bisnis sekalipun, inovasi merupakan salah satu contoh seperti yang dilakukan Si burung early bird. Kemampuan si pebisnis untuk melihat visi di saat banyak orang belum melakukannya (bisa jadi karena belum kepikiran, atau mungkin sudah kepikiran tapi belum dijalanin, atau kepikiran tapi ga berani jalanin, atau….hanya menunda dengan berbagai macam alasan). Hasil inovasinya bagaimana? Kalau gagal ya bisa dapat learning, kalau berhasil berarti jadi yang pertama.

Mau jadi siaakah kita? Si Burung Early Bird atau Si Burung Pada Umumnya?

Semoga bermanfaat 🙂

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s