Generation Baby Boomers vs Gen X vs Gen Y vs Gen Z. Which one are you?

Bergeraknya waktu ternyata juga menciptakan stereotype tersendiri buat orang – orang yang lahir pada setiap zamannya, dan berinteraksi di dunia yang bergerak saat ini.

Di bawah ini adalah pembagian generasi yang sudah sangat populer kita kenal. Sebut saja Baby Boomers, generasi yang lahir saat perang baru saja usai, hal ini mempengaruhi secara garis besar dari karakteristik orang yang lahir pada zaman itu. Dimana “keamanan” adalah hal yang dibutuhkan, karena waktu usai perang dunia tentunya untuk bertahan hidup adalah tantangan tersendiri buat mereka. Usai perang dunia, pilar – pilar peradaban mulai dibangun kembali, oleh sebab itu juga generasi ini juga disebut generasi pembangun.

Saya pribadi contohnya, saya masuk ke dalam generasi Y, masa-masa dimana peralihan dari manual ke digital. Masa-masa munculnya teknologi dan kemajuan teknologi terjadi begitu cepatnya. Saya masih mengalami yang namanya komputer dengan sistem operasi DOS, handphone sebesar batu-bata, hingga penetrasi internet, dan seterusnya hingga seperti sekarang ini. Gen Y ini lebih dikenal sebagai generasi fast adopter, berbeda dengan generation Z, yang memang sudah lahir semuanya berbasiskan teknologi.

Di bawah ini adalah Skema-skema mengenai perbedaan antar generasi, semoga bermanfaar 🙂

Target Segmentation by Generations: Maturists, Baby Boomers, Generation X, Generation Y, Generation Z [Infographics]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s