Tips Menyusun Konten SMS/Email ke Atasan Anda

Mungkin beberapa dari anda ada yang baru masuk ke dunia pekerjaan atau mengalami perpindahan pekerjaan, terkadang kita dihadapkan dengan keperluan komunikasi dengan atasan (baik atasan langsung maupun tidak).

Terkadang mungkin kita juga bingung bagaimana menyusun konten yang tepat. Semoga dengan tulisan saya ini bisa membantu Anda untuk berkomunikasi lebih jauh. Ingat “kesan pertama” itu selalu penting, berikut tips untuk menyusun konten via email/ text messaging ke atasan baru anda.

1. Dimulai dengan sapaan : Assalamu’alaikum wr wb atau assalamu’alaikum (jangan disingkat : ass, mekum, askum, karena hakikatnya salam adalah doa, jadi jangan disingkat. dulu, saya pun pernah menggunakan singkatan “ass” untuk menunjukkan salam, tapi kemudian saya ditegur teman saya, bahwa “ass” kemungkinan akan diartikan “pantat” oleh orang yang menerima pesan), atau selamat pagi, siang, sore…

 2. Sebutkan identitas anda : Atasan anda bukanlah phone book berjalan. Dia tidak akan menyimpan semua nomor telepon timnya di ponselnya. Keterbatasan memory kemungkinan bisa jadi penyebabnya. Jadi, sebaiknya anda sebutkan identitas anda. Misalkan : Saya Dono, dari divisi XX…..

 3. Tuliskan keperluan anda dengan singkat dan jelas : jangan terlalu bertele-tele, singkat tapi tetap memperhatikan kesopanan.

Misalkan : Hari ini saya ingin diskusi mengenai project xx, apakah bapak/ibu ada waktu?

 4. Ucapkan maaf untuk menunjukkan kerendahan hati anda.

 5. Akhiri dengan ucapan terima kasih.

 

Misalkan begini :

Selamat pagi Pak/Bu, saya Dono, dari divisi, maaf sebelumnya, saya mau menanyakan apakah besok Bapa/ ibu ada waktu untuk diskusi mengenai project xx? terima kasih.

 SMS di atas panjangnya 143 karakter, sehingga menurut saya tidak terlalu kepanjangan, juga tidak terlalu pendek, tapi atasan anda mengetahui maksud anda. Sisanya, saatnya pertemuan secara langsung 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s