Andai Fasilitas Transportasi Yang Satu Ini (Monorel Jakarta) Jadi Kenyataan

Hoi Penghuni Megapolitan Jakarta,

Bosen gak sama macet di kota ini? Bosen ngabisin bensin dan lama2 di jalan?

Bosen buang waktu lama2 di jalan, yang harusnya mungkin kita bisa gunain untuk hal yang jauh lebih baik lagi.

 

Dalam hal transportasi, 2006 merupakan salah satu tahun revolusi dalam hal sarana transportasi di Jakarta. Nambah benda baru yang namanya “Bus TransJakarta” dengan konsep “busway”-nya yang awalnya bikin pengguna jalan harus adaptasi. Adaptasi apa?

1. Proses pembangunan separator yang bikin macet, karena jalan efektif hanya terpakai sebagian.

2. Proses membiasakan diri bagi pengendara kendaraan motor untuk membedakan jalan biasa dan bus way.

3. Adaptasi konsep transaksi busway, masuk dan keluar halte contohnya.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya Bus TransJakarta jadi salah satu sarana penting untuk transportasi internal Jakarta. makin banyak koridor-koridornya, sarana transportasi yang satu ini melakukan ekspansi untuk melayani publik dalam jumlah yang lebih besar, armada diperbanyak, kualitas ditingkatkan, dsb. Kekurangan tentunya masih ada, cuma sebaiknya kita harap memakluminya.

Sekarang 2014, 8 tahun semenjak Bus Trans Jakarta, muncul wacana project pembangunan Monorel. Mau tau bayangan monorel seperti apa?

Seperti ini nih

 ImageGambaran projectnya untuk di Jakarta seperti ini :

JET MONOREL

1. Kapasitas/ Gerbong : 208 orang

2. Gerbong/ Monorel    : 6-8 gerbong

3. Kapasitas/ Monorel  : 1248 – 1664

4. Kapasitas /hari         : 600 ribu penumpang/ hari

Rutenya?

Area tujuan JET Monorel berada di lokasi strategis yang tersebar di Jakarta. Rutenya terbagi menjadi dua jalur yaitu Green Line dengan sekitar 10 monorel akan melayani Semanggi-Casablanca-Kuningan-Semanggi (16 stasiun) dan Blue Line dengan sekitar 18 monorel akan melayani Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy (14 stasiun). Total ada 30 Statsiun.

Gimana? Udah bisa ngebayangin? Mari kita doakan pemimpin  jakarta beserta jajaran timnya agar project ini cepat terlaksana.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s