Identifikasi Kesehatan Melalui Warna Feses Anda

EETerkadang kita semua seharusnya mengerti dengan bahasa tubuh kita.

Kita yang mengenal dan bertanggung jawab untuk tubuh yang kita miliki, termasuk kesehatan yang harus kita jaga.

Ternyata kita bisa melihat gejala-gejala dan pertanda untuk mengidentifikasikan apakah kita sehat atau sakit melalui warna feses yang kita keluarkan. Maka dari itu saya selalu percaya quotes “YOU ARE WHAT YOU EAT.”

Vemale.com – Tanpa harus terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter, sebenarnya Anda bisa mendeteksi sakit yang Anda derita lewat warna tinja.

Bahkan dokter sekalipun akan menggunakan bantuan deteksi warna tinja untuk mengumpulkan data observasi yang menentukan kondisi tubuh dan obat apa yang harus dikonsumsi pasien. Umumnya, warna tinja ini sangat sensitif dan menunjukkan kondisi organ di dalam perut. Bila warnanya kuning kecokelatan, tandanya tubuh Anda normal.

Seperti dikutip dari mayoclinic, beberapa kondisi ini perlu Anda cermati karena menunjukkan adanya sakit yang diderita.

Warna tinja hijau

Tandanya makanan terlalu cepat masuk ke dalam pencernaan dan prosesnya belum sempurna. Dalam kondisi ini, Anda bisa mengalami diare bila kondisi terus menerus dibiarkan.

Namun, kondisi ini juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang warnanya hijau atau mengandung pewarna hijau.

Warna tinja putih atau pucat

Tandanya kekurangan cairan penting di dalam empedu. Kondisi ini bisa sangat berbahaya apabila selama berhari-hari warna tinja tidak berubah. Anda harus segera mengecek kondisi kesehatan pada dokter, karena empedu mungkin bermasalah.

Ada kemungkinan lain yang menyebabkan hal ini terjadi. Pada beberapa kasus medis, sebagian obat dapat menyebabkan warna tinja menjadi putih atau pucat.

Warna tinja kuning

Bila warna tinja kuning dan berbau tak sedap, tandanya tubuh sedang kelebihan asupan lemak. Anda harus mengurangi mengonsumsi makanan yang terlalu berlemak.

Kondisi ini juga bisa saja terjadi apabila asupan protein Anda terlalu berlebihan.

Warna tinja hitam

Ada pendarahan di organ perut bagian atas ketika tinja yang keluar berwarna hitam. Namun, ini juga bisa terjadi apabila Anda kelebihan zat besi atau usai makan makanan yang berwarna hitam.

Warna tinja kemerahan

Ada pendarahan di organ perut bagian bawah, bisa saja di saluran kencing, atau karena ambeien. Penyebab lainnya adalah karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berwarna merah seperti beet, buah naga merah, jus tomat, sup merah, dan lain sebagainya.

Apabila warna tinja seperti disebutkan di atas, terlebih dahulu lakukan observasi. Bila selama 2-3 hari berturut-turut warnanya sama, maka segera cek kondisi Anda ke dokter.

Berikut share dari saya, semoga bermanfaat, mengertilah dengan diri anda sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s