Introduction to Marketing Warfare

TankCiuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu……Duarrrr….

(English version : Shooooooooooooooooo….Boom)

Peperangan ternyata bukan hanya terjadi di antara negara-negara yang saling memperebutkan territory, namun juga terjadi pada dunia marketing tanpa kita sadari juga sudah terjadi peperangan. Kapan ini terjadi? Tentunya semenjak semakin banyaknya kemunculan kategori produk, berkembangnya media promosi yang digunakan, tepatnya semenjak marketing 2.0.Pada Marketing 1.0, semuanya serba mudah. Karena marketing yang dimaksud adalah cukup hanya produk yang berbicara sendiri kepada konsumen. Namun kini bagaimana? Kita(marketer) harus berpikir jauh lebih keras untuk memikat dan menjadikan konsumen sebagai pecinta sejati dari brand kita.

Berbagai macam strategi marketing dijalankan untuk menjadikan brand kita sebagai juara di dalam kategori, bahkan kalau bisa memperbesar “pie” market share, dengan mengambil bagian dari kategori lain yang lebih potensial. Pada ujungnya, tujuannya hanya 2, yaitu :

  1. Meningkatkan jumlah users (konsumen pengguna brand)
  2. Meningkatkan jumlah usage (brand digunakan)

Sedikit saja membahas mengenai marketing warfare strategy, ada 4 jenis strategi yang bisa diambil oleh marketer dalam peperangan melawan musuh (kompetitor), antara lain :

  1. Deffensive Warfare, Strategi ini hanya bisa dilakukan oleh market leader. Cara yang digunakan adalah dengan menyerang diri sendiri atau menutup segala macam celah atau lubang pada pertahanan dari kebutuhan market (segmentasi market yang tidak terlayani oleh market leader dan kompetitor maupun kategori baru yang belum banyak bahkan belum ada pesaingnya, menciptakan market baru).
  2. Offensive Warfare
  3. Flanking Warfare
  4. Guerilla Warfare

Sekian share dari saya, semoga bisa memberikan manfaat buat pembaca sekalian.

Sumber bisa dibaca pada buku “marketing warfare strategy.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s