Aside

Mungkin beberapa dari anda pernah melihat marketing case study berupa video yang biasanya diungah di Youtube. Ada banyak brand yang mempublikasikan marketing case study-nya disana, mulai dari latar belakang, tujuan, realisasi dan hasilnya ditampilkan di sana bukan hanya sebagai sarana untuk edukasi publik melainkan juga sebagai sarana branding.

John St. merupakan salah satu marketing agency yang memiliki kompetensi di media digital. Dan ini adalah parody video marketing case study yang dibuatnya dari konsep acara ulang tahun.

Langsung saja kita simak videonya berikut ini

1. Latar belakang

Konsep pesta ulang tahun yang kacau. Kalau kita lihat kenyataan, terkadang kita juga tidak melakukan persiapan yang matang bila mengadakan pesta ulang tahun bukan? Semuanya dilakukan asal jalan saja tanpa adanya konsep. Dan semua asal jalan saja sehingga pesta ulang tahun yang kita adakan juga hanya cuma sekilas lintas.

Jadi tantangannya adalah membuat pesta ulang tahun ke-8 dari Chelsea Bedano ini sukses.

2. Research

Sebelum membuat konsep mereka tim John St. membuat penelitian dari hal apa yang disukai oleh Chelsea. Dan hal itu adalah “pony” dan “pink”. Jadilah mereka terinspirasi dengan “Pink Ponies”


3. Ide

  • Tema         : Pink Ponies
  • Promosi    : Promosi yang dilakukan juga cukup menarik, antara lain melalui :

1. Social Media

2. Create WOMM Buzz

Menciptakan WOMM dengan mengundang teman-teman Chelsea yang paling populer di kelas 1 minggu sebelum acara berlangsung. Sehingga menjadikan perbincangan di tengah kelas mereka, sekaligus menjadi promoter dan influencer agar teman-teman di kelas Chelsea yang lain bisa ikut datang.

3. Menggunakan poster

Menggunakan media promosi offline seperti poster.

  • Strategy    : Ada pula strateginya yang digunakan saat pesta ulang tahun Chelse berlangsung, antara lain :

1. Snack
Dengan makanan ringan tentunya akan menjadi nyaman untuk audience yang datang (teman-teman Chelsea).

2. Movies

Film digunakan selain membuat nyaman tentunya juga digunakan agar audience juga bisa betah di rumah Chelsea, jadi tidak ada yang meninggalkan tempat sebelum acara selesai.

3. Justin Bieber Song

Justin Bieber beserta lagunya menjadi pujaan anak-anak pada masa kini, dan lagu-lagunya juga merupakan lagu yang disukai oleh teman sebaya Chelsea.

  • Decoration  :

Semua dekorasi dibuat dengan tema “Pink Ponies”, mulai dari balon, taplak meja, poster, topi kerucut berwarna pink, dan semuanya menggunakan benda yang bertema pink ponies.

4.  Hasil

Dan hasilnya adalah seperti ini.

5. Pesan : We create a birthday movements

Cukup unik bukan? Mungkin kita tertawa saat melihat video di atas, karena tentu saja video di atas hanyalah parodi. Bahkan hasilnya pun tidak cukup memuaskan. Namun cara John St. mengemas semua yang dilakukan pada pesta ulang tahun Chelsea cukup diacungi jempol, dengan video case study sebenarnya kita bisa membuat dokumentasi dari project yang kita pernah lakukan. Sehingga menjadi media branding sekaligus menjadi bahan perbincangan dan pembelajaran orang lain. Bagaimana dengan anda yang saat ini memiliki brand? Tertarik untuk membuat case study dari project anda sendiri?

Semoga bermanfaat.

@Marselus_Albert

Pink Pony – a Marketing Case Study Parody by John St.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s