Characteristics of B2B Marketplaces

Untuk setiap marketplace di dalam website ternyata tidak memiliki kesamaan. Ada yang memiliki sifatnya masing-masing, dan biasanya dibagi kondisinya berdasarkan jumlahatau angka buyer dan sellernya, dan jug dilihat dari kategori lainnya.

Langsung saja kita lihat gambar di bawah ini.

Ada panah merah dan panah hijau, panah merah menunjukkan semakin besar pengaruh dan bargain seller di dalam industri, maka dia akan berada di ujung panah. Begitu juga dengan hijau, sebaliknya untuk mengindikasikan pengaruh buyer.

1. Private Stores

ada di warna merah, sifatnya antara lain adalah hanya memiliki 1 penjual, dan banyak pembelinya. Kemudian harga yang ditentukan tetap. Contohnya di Indonesia adalah Nissan.co.id

2. Customers Portals

Ada beberapa penjual yang authorized, dan banyak pembelinya. Sifatnya di sini  harga sudah memiliki ketetapan, dan ada katalog atau tampilan-tampilan (spec, gambar, kondisi, dsb) mengenai produk yang dijual.

3. Independent industry marketplaces

ada di warna kuning, ada banyak penjual dan pembeli, masing-masing punya kekuatan dan kesempatan yang sama.

Contoh adalah KasKus, kita bisa membuka sebuah thread /lapak jual beli. Kita bisa memiliki 2 posisi sebagai pembeli atau penjual. Bahkan ada beberapa yang menjadi reseller. Harga tentunya dinamis, biasanya ada sistem negosiasi harga.

4. Consortia sponsored marketplaces

ada banyak penjual, dan jumlah pembelinya cukup sedikit. Lebih mengarah kepada auction barang-barang yang mahal. Contoh website auction Kapal, pesawa, Ruby,dll. Ciri-ciri lainnya adalah barang yang dijual adalah barang yang langka, dan sulit untuk pembuatannya.

 

5. Private Company marketplaces

Untuk ini saya mengambil contoh e-procurement, dari pengadaannasional bappenas, dimana ada project pemerintah, makan supplier-supplier berbondong-bondong untuk bersaing kualitas dan harga pada marketplace ini.

Sehingga yang menurut pemerintah paling sesuai dengan harga dan kualitas yang diekspektasikan, maka supplier tersebutlah yang mendapatkan.

 

Sekian dari saya, semoga pembaca mulai bisa membedakan karakter-karakter marketplace di Indonesia.

 

terima kasih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s