Kompas.com VS Detik.com

Untuk setiap website pastilah ada perbedaan karakteristiknya, mulai dari tampilan, konten , segmentasi audience, cara berkomunikasi di dalam websitenya dsb.

Dan dapat dikatakan semua website itu tidaklah sama, setiap website memiliki soul-nya masing2.

Untuk contoh kita lihat Kompas.Com, Kompas.Com lahir dari adaptasi Koran Kompas (offline) menjadi ke dunia digital, menjadi e-Kompas. Dari tampilan untuk design tertata rapih dan profesional, mengingat target market kompas adalah orang-orang yang berada di kelas menengah ke atas, dan memiliki latar belakang pendidikan minimal SMA.

dikutip dari –>

(sumber http://www.google.com/url?sa=t&source=web&cd=5&ved=0CEEQFjAE&url=http%3A%2F%2Fdigilib.petra.ac.id%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fikom%2F2006%2Fjiunkpe-ns-s1-2006-51401133-3971-tsunami-chapter4.pdf&ei=NP9xTrWvI4avrAenqayUBw&usg=AFQjCNEgrs5aQfhf0jABd3f5hSDDOE7FvQ&sig2=rIPzM6V15zRI5zWj-q0Phw)

Dan dari segi penggunaan bahasa lebih formal dan lebih akurat untuk sumber datanya.

Dibandingkan dengan detik.com, dari segi tampilan agak tidak terstruktur untuk frame websitenya, dan berita-berita di Detik.com lebih cepat untuk keluar atau terupdate dibandingkan Kompas. Dan bukan mementingkan keakurasi-an data, melainkan kecepatan data dan informasi yang disajikan sebagai konten di Detik.Com

Logo Detik.Com

Logo Kompas.com

keunggulannya pada Kompas adalah, Kompas awalnya muncul dari dunia offline dan akhirnya menciptakan Kompas.com untuk versi online ( meng-grab customer yang lebih sering akses online ). Untuk Detik.com target marketnya lebih ke anak-anak muda, dan penggunaan bahasanya lebih informal ( atau bisa saja disebut bahasa “pop”, yang biasa didengar di penggunaan bahasa sehari-hari.)

Untuk spot-spot iklan, Dari Kompas lebih terstruktur dengan baik agar tidak mengganggu atau annoying bagi pembacanya, sedangkan untuk detik.com, lebih cenderung banyak iklannya dibandingkan beritanya.Terkadang sampai ada rumor bahwa untuk mendapatkan update terkini orang ingin mendapatkannya dari Detik.com, setelah itu untuk rekonfirmasi informasi, pembaca mengeceknya kembali ke Kompas.com, karena melihat akurasi datanya.

Secara garis besar kedua website terlihat sama, sama-sama menyajikan konten berita, akan tetapi kalau dilihat lebih dalam, terdapat perbedaan yang signifikan.

Sekian dulu untuk post saya kali ini, nanti akan saya update untuk menambah nilai informasi dari blog ini. Terima kasih.

Advertisements

2 comments on “Kompas.com VS Detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s