Nissan Motor Co. VS Nissan Computer Corp.

Di bawah ini merupakan jawaban dari studi kasus pada subject E- Business di Chapter 7

C1.Nissan.com

1)

Alasan mengapa Nissan Motor Co. concern kepada 2 domain yang dibuatl oleh Uzi Nissan adalah karena URL bagi Nissan Motor Co. merupakan sebuah aset dan menjadi sebuah marketing tools. Namun sayangnya domain tersebut sudah diklaim oleh Uzi Nissan, dia meregist nama domain Nissan.com pada tahun 1994, dan pada tahun 1996 meregist nama domain Nissan.net.

“My name is Uzi Nissan.  I was born in Jerusalem – Israel.  My father’s last name was Nissan, his father’s last name was Nissan, and so on.  Nissan is a biblical term identifying the seventh month in the Hebrew calendar. The term Nissan also is Arabic for the month of April. (sumber : http://www.digest.com/Big_Story.php )”

Hal-hal  yang melatarbelakangi Nissan Motor concern adalah :

  • Website pada saat itu (90-an) sudah menjadi trend dan salah satu marketing tool yang sedang naik daun.
  • Nissan motor tidak dapat memiliki URL yang sesuai dengan nama brandnya dengan domain .com atau .net
  • Nissan motor ada kekhawatiran apabila Uzi Nissan meyalahgunakan nama Nissan.com / Nissan.net
  • Nama Nissan.com / Nissan.net membuat bingung para konsumer Nissan ( kok jualan mobil, tapi malah jualan komputer-red)

Namun yang sangat disayangkan Uzi Nissan dikenakan denda sebesar $10.000.000,- oleh Nissan Motor. Bagi saya ini tidak adil, karena Nissan tidak menyalahgunakan nama Nissan Motor, dia hanya menggunakan nama keluarganya. Sedangkan nama Nissan sendiri baru dikenal di Amerika pada akhir 1980. Orang Amerika pada masa itu lebih mengenal nama Nissan Motor dengan nama Datsun.

2.

Posisi Uzi Nissan :

  •  tidak tahu bahwa Datsun sudah berganti menjadi Nissan Motor
  • Uzi tidak mampu untuk membayar $10.000.000,-
  • Uzi menggunakan websitenya untuk berjualan (bisnisnya)

3.

Posisi Nissan Motor

  • Nissan Motor kehilangan kesempatan untuk mendapatkan domain  URL Nissan.com / Nissan.net ( kehilangan kesempatan marketing tools)
  • Nissan memberikan sue pada Uzi Nissan atas penyalahgunaan nama Nissan di dalam domain yang dia miliki
  • Nissan terlalu mengatur persidangan
  • Nissan mengalami kekhawatiran bahwa ada kebingungan pad konsumennya.

4.Keputusan pada court tidak adil, karena lebih memihak kepada pihak yang lebih besar, yang lebih memiliki kekuatan politik yang besar. Uzi Nissan pun tidak menggunakan website tersebut untuk black propaganda bagi Nissan.com/ Nissan.net.

sebenarnya nama URL pun tidak harus sama dengan nama brand yang bersangkutan, contoh seperti SahabatNestle.com, bisa sajaNissan Motor membuat domain dengan nama lain atau yang masih mengandung unsur “Nissan”.

Pada akhirnya Nissan pun menciptakan nama Nissan-Global.com

dan Uzi Nissan tetap dengan Nissan.com / Nissan.net

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s