Langkah-langkah untuk membeli perangkat elektronik melalui media online

Terkadang kita mengalami kesulitan untuk mereview dan mendapatkan informasi ( harga, fungsi produk , feature, etc)  mengenai suatu barang yang akan kita beli.

Terlebih apabila brang tersebut adalah barang-barang teknologi , yang biasanya yang bisa membaca dan mengerti hanyalah sebagian orang.

Nah, mau tau langkah2nya? ikutin aja ya runtutan cerita di bawah ini.

Ada terdapat beberdapa langkah yang sebenarnya kita bisa tempuh , mau tau caranya?

  1. Identifikasi nama perangkat baru yang mau kita cari. Contoh : Router, Modem, Switch , Printer. (Intinya kita harus tahu nama benda ini apa)
  2. Dari nama umumnya , coba tentukan dulu tipenya yang mau dicari. Misalnya kalian mau cari informasi tentang printer merk HP dengan type series Deskjet 3050
  3. Gunakan search engine . Fungsinya apa sih? ya biar ga repot nebak2 URL website, mendingan tulis keyword. Contoh : “Printer HP Deskjet 3050” . Tulis saja keyword tersebut  di Google, Bing, Yahoo, dan kawan2 ( Baidu kalau perlu– require : bisa baca kanji Cina -__-  ) . Selanjutnya selama sepersekian detik , search engine yang kamu gunakan (apapun itu) akan memberikan suggestion dengan mencocokkan keyword dengan index yang mereka miliki di ranah internet. Saran saya –> Gunakan Google
  4. Keyword yang digunakan dalam pencarian situs yang memuat informasi dari perangkat elektronik yang kita cari bisa dicari dengan :
    • Nama merk dari produk
    • Lokasi retail ( tempat jualan produk tersebut )

    Setelah mendapatkan gambaran tentang harga, feature, detail produk, dan segala macamnya, kamu bisa compare dengan informasi dari sumber website yang berbeda.

  5. Alternatif lainnya selain mencari di Search Engine, langsung saja ke website lokal yang menyertakan transaksi atau jual beli di dalamnya ( contoh, sekalgi hanya contoh, bukan promosi : KasKus, TokoBagus, Bhinneka.com,dll )
  6. Di sana juga menyediakan metode transaksi apabila kamu sudah memutuskan untuk membeli. Keuntungannya apa? keuntungannya kamu cukup duduk manis di dalam rumah / tempat dimana kamu beraktifitas, barang yang telah kamu pesan akan dikirimkan ke alamat yang kamu mau. Namun, sebelum itu semua kita harus melihat beberapa metode transaksinya terlebih dahulu , antara lain :
  • COD ( Cash On Delivery )

 biasanya metode COD ini melibatkan pertemuan langsung antara pembeli dan penjual( karena sama2 ga percaya ), jadi transaksi dilakukan secara manual. Atau ada beberapa jasa pengiriman yang menawarkan jasa sebagai media perantara penjual, jadi saat barang dikirim ke pembeli, pembeli membayar, uang transaksinya biasanya dipegang si kurir Jasa Pengiriman atau langsung di ( entah itu JNE, TIKI, ESL, dan kawan2nya) atau langsung ditransfer. Setelah itu barulah uang berpindah tangan ke penjual(tentunya sudah dipotong biaya “calo” / jasa pegang uang sementara.)

  • Trasfer dulu, barang segera dikirim

Nah, kalau yang ini berarti pembeli mentransfer uangnya terlebih dahulu, sesaat diterima penjual, penjual baru mengirimkan barangnya. Cara paling aman adalah lihat reputasinya, lihat komentar-komentar orang lain. Contoh untuk di KasKus, biasanya penjual yang jujur dan punya service yang oke akan diberikan testimoni “Recommended Seller”, ditambah reputasi dia dengan lambang bar “cendol”, yang artinya orang menyukai dia, semakin banyak bar berwarna hijau tersebut dan testimoni yang baik di thread FJB (Forum Jual Belin )nya, tentunya semakin si penjual ini dapat dipercaya. Itu tadi tips umumnya, tetap saja kamu harus waspada dan hati2.

  • Rekening bersama

Rekening bersama arti singkatnya adalah rekening yang digunakan bersama-sama ( -__- “). Maksudnya ada rekening pihak ketiga yang digunakan sebagai mediasi atau perantara antara si penjual dan pembeli melakukan transaksi (dasarnya muncul hal seperti ini adalah karena adanya ketidakpercayaan–red). Biasanya dikenakan charge sesuai dengan besarnya transaksi, karena semakin besar transaksinya , tentunya semakin besar resikonya.

Jadi kurang lebih begini alurnya : pembeli bilang”gw dah transfer nih”–> uang masuk ke RekBer –>RekBer bilang ke pembeli” duit lo dah nyampe”–>RekBer bilang ke penjual “oy, si pembeli dah bayar tuh, kirim barang lo ya SEKARANG”–>penjual ngirim barangnya ke pembeli–>RekBer kasih bukti pengiriman dan bilang “oy pembeli, si penjual dah kirim tuh barangnya”–>uang yang sementara ada di RekBer dipindah tangankan kepada yang berhak, yaitu si penjual. FINISH

  • PayPal

PayPal ini merupakan modifikasi dari si RekBer, hanya saja untuk memiliki PayPal Account, kamu harus punya Visa/Master Card untuk kamu registrasikan di PayPal. Terus fungsi Account PayPal apa? Fungsinya sebagai media pembayaran elektronik tentunya yang sudah di Authorized dari Credit Card kamu. Jadi ga perlu tuh kalau mau belanja, masukin 16 Digit nomor CC, kalau sekali belanja mungkin ga masalah, kalau frekuensinya lebih dari 1 kali lantas bagaimana?

Itu dia, PayPal Account ini jadi media pembayaran/transaksi global kamu di internet. Transaksi hanya terjadi sesama account PayPal, jadi bila si pembeli punya PayPal, dan Penjual punya, barulah terjadi transaksi uang secara digital. Yang nantinya record -nya akan masuk ke CC kamu.

Lantas kalau kita yang jadi penjual, gimana cara dapetin uang?dari PayPal Account ini kamu bisa koneksikan dengan beberapa bank lokal, yang kamu bisa cairkan uang versi digital di PayPal ke rekening Bank mu.

  • KasPay

Mirip sama PayPal, cuma bedanya ini versi Indonesia, dan salah satu aset yang dimiliki KasKus.

Sekian untuk tips dari saya, mohon maaf bila banyak terjadi kesalahan yang disengaja di dalam penulisan di atas.

Kan katanya nobody’s perfect.

Untuk Twitter follow saya di @acel__

Thank you

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s